Kota Medellin, Coloumbia



Deskripsi Pola Ruang:
Kota Medellin di Coloumbia ini memiliki karakteristik wilayah dengan pola Grid Iron dan Memusat. Hal tersebut dapat dilihat dari kompleks permukiman yang padat dan dibatasi oleh jalur-jalur perhubungan berupa jalan yang membentuk Grid Iron secara teratur, dimana jalur-jalur tersebut terpusat pada beberapa titik wilayah tertentu di Kota Medellin. Secara teoritis, menurut Stanislawski (1946) pemakaian pola ini didasari atas dua macam pertimbangan, yang pertama adalah alasan efisiensi penggunaan ruang, berkaitan dengan anggapan bahwa bangunan pada umumnya berbentuk persegi (rectangular). Kemudian yang kedua, adalah alasan berkaitan dengan penyiapan jalan untuk keperluan barisan prosesi memanjang dan lurus (straight processional street). Apabila hanya dilihat dari pola permukimannya, maka pola apermukiman di Kota Medellin itu sendiri didominasi oleh pola Grid Iron. Namun, apabila dilihat secara keseluruhan, pola ruang di Kota Medellin ini tampak memusat atau dapat dikatakan memiliki pola ruang radial tidak menerus.
Deskripsi Struktur Ruang:
            Struktur ruang di Kota Medellin itu sendiri, memiliki susunan atau struktur dengan pengelompokan-pengelompokan berdasarkan fungsi dan kepentingan dari kelompok bangunan-bangunan yang ada. Seperti terdapat kawasan pendidikan yang terletak hampir di pusat kota, kawasan industri yang dibangun tersendiri, dan lain sebagainya. Kawasan permukiman yang ada, memiliki struktur dengan pola teratur dimana di antara kelompok-kelompok permukiman yang ada terdapat beberapa area yang menjadi pusatnya. Pusat-pusat tersebut antara lain seperti adanya kawasan hiburan, atau pun kawasan pendidikan, dan lain sebagainya.


Referensi:
Indonesian Institute for Infrastructure Studies. Tanpa Tahun. Rencana Pola Ruang Wilayah Kota dalam www.penataanruang.com. Diakses pada Selasa, 10 Mei 2016.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Komentar

Pages